Home »
PENGETAHUAN
» Elemen Elemen Dasar Manajemen
Elemen Elemen Dasar Manajemen
Elemen Dasar Manajemen
Manajemen beroperasi melalui bermacam fungsi, biasanya
digolongkan pada perencanaan, pengorganisasian,
kepemimpinan/motivasi dan pengaturan
Perencanaan: memutuskan apa yang harus terjadi di masa depan
(hari ini, minggu depan, buland epan, tahun depan, setelah lima
tahun, dsb.) dan membuat rencana untuk dilaksanakan.
Pengorganisasian: membuat penggunaan maksimal dari
sumberdaya yang dibutuhkan untuk melaksanakan rencana dnegan
baik
Leading/Kepemimpinan dan motivasi: memakai kemampuan di
area ini untuk membuat yang lain mengambil peran dengan efektif
dalam mencapai suatu rencana
Pengendalian: monitoting -- memantau kemajuan rencana, yang
mungkin membutuhkan perubahan tergantung apa yang terjadi
Tingkatan manajemen
1. Top management atau manajemen tingkat atas yang sering disebut
dengan executive officer atau top manager. Bertugas merencanakan
kegiatan dan strategi perusahaan secara umum dan mengarahkan
jalannya perusahaan. Contoh top manajemen adalah CEO (chief
executive officer) dan CFO (chief financial officer)
2. Middle management atau manajemen tingkat menengah bertugas
sebagai penghubung antara manajemen puncak dan manajemen lini
pertama, misalnya kepala bagian atau kepala departemen.
3. Lower management atau manejemen lini pertama (first-line
management) adalah manajemen yang memimpin dan mengawasi
tenaga-tenaga operasional perusahaan. Manajemen ini dikenal pula
dengan istilah manajemen operasional (supervisor, kepala seksi,
dan mandor).
Menurut Griffin dalam bukunya Business, 8th edition, manajer
harus memiliki lima macam keterampilan, yaitu keterampilan
konsepsional, keterampilan kemanusiaan, keterampilan teknis,
keterampilan manajemen waktu, dan keterampilan membuat
keputusan.
Langganan:
Posting Komentar (RSS)
0 komentar on Elemen Elemen Dasar Manajemen :
Posting Komentar